Kalau Anda Pecinta berat Guppy pasti Anda sudah hafal betina atau jantan dari ikan jenis ini.
Tapi bagi pemula seperti saya, karena saya perempuan (biasanya lihat ikan langsung goreng hehehe) bagi saya membedakannya sangat susah dan masih perlu belajar.


Dan berikut cara membedakannya:

Indukan guppy jantan memiliki ciri-ciri seperti :

  1. Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berubah menjadi sirip memanjang.
  2. Tubuhnya ramping.
  3. Warnanya cenderung lebih cerah dan memiliki corak warna lebih banyak dan lebih indah.
  4. Sirip punggung lebih panjang.
  5. Kepalanya besar.

Induk Betina memiliki ciri-ciri seperti ini :

  1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
  2. Tubuhnya gemuk dengan perut yang besar.
  3. Warnanya kurang cerah.
  4. Sirip punggung biasa.
  5. Kepalanya agak runcing.
  6. Itulah tips sederhana untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina

Kenapa saya bisa tahu? Karena saya baca hehehe, semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.